Tugas PPU tanggal 2 september 2019

Etika kampus dan media digital

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Hubungan etika dengan mahasiswa sangat erat kaitanya, karena dengan etika mampu mengontrol mahasiswa-mahasiswa sehingga tidak melakukan hal-hal yang mampu merugikan banyak pihak. Contohnya, etika mampu menjadi kontrol ketika mahasiswa berdemostrasi sehingga tidak melakukan anarkis.

Di era globalisasi ini dimana telah banyak terjadi perubahan-perubahan besar, yang akibatkan oleh beberapa hal (secara umum) yaitu perkembangan IPTEK, urbanisasi, dan tuntutan hidup, dimana perubahan tersebut mengarah ke kualitas, pergeseran nilai dan norma, gaya hidup yang semakin hedonistis/hedoniawan, budaya glamour. Sehingga seorang mahasiswa yang beretika mampu berperan dalam dalam pembangunan masyarakat, menjadi filter dari pengaruh buruk di era globalisasi, menjadi alat kontrol dalam melakukan aktivitasnya dan berusaha memperbaiki dan menjaga moral agar kelestarian moral tetap terjaga.

Saat menggunakan media digital, kita akan memperoleh informasi yang terbaru yang dapat diakses secara fleksibel tanpa kenal waktu maupun tempat. Tentunya dengan menggunakan media digital kita bisa mengetahui kejadian-kejadian dimana pun yang sedang terjadi. Dengan hal ini, tentunya kita akan tidak ketinggalan informasi lagi.

Semakin banyaknya media digital yang punya kepedulian kepada sesamanya, tentunya akan sangat bermanfaat untuk media penolong seperti misalnya bantuan yang berupa donasi alat pendidikan dan kesehatan kepada orang yang kurang mampu.

Dengan media digital, kita akan bisa mengenal orang-orang tanpa harus bertemu
Karena adanya media sosial yang memungkinkan kita terhubung dan saling berkenalan dengan orang mana.

Nama mentor :
1.Shearly
2. Yeri Assifa
3. Hafidh Al-Hakim
Nama kordiv : Rizky Nugraha
Wakil kordiv : Putri Nabila
Nama Staff Inti : Hafidh Novanto
Pj mentor :
1. Rahma Anjani Khalid
2. Wiedhy Ramadhansyah

#Widyatama #Mahasiswa #Bandung #Prestasi #GenerasiUtama